Rabu, 05 Juni 2013

Kelas XII semester 1

Kelas XII Semester 1 
         
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
1.  Menerapkan  konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah

1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya
1.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
  Jujur
  Toleransi
  Mandiri
  Demokratis
  Komunikatif
  Tanggung Jawab
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

2.  Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
2.2  Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi
2.3  Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya

  Jujur
  Toleransi
  Mandiri
  Demokratis
  Komunikatif
  Tanggung Jawab
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil






Tips Belajar Fisika Efektif

TIPS BELAJAR FISIKA

Fisika merupakan salah satu pelajaran gampang-gampang susah. dikatakan gampang kalau kita memiliki tips mempelajarinya dan dikatakan susah kalau kita tidak menyukainya, ditambah gurunya GALAK alias SEREM. Berikut TIPS yang bisa dilakukan supaya bisa menyenangi pelajaran fisika :

  1. Berdoa dulu sebelum belajar. Ini merupakan pertama dan utama kita dahulukan dalam setiap aktifitas kehidupan. Dengan doa ini insya Allah kita akan mendapat kemudahan.  
  2. Sukai gurunya.Tanpa ini, pelajaran tentu ga bisa masuk ke otak. Gimana masuk otak, melihat gurunya ja sudah njengkelin apalagi pelajarannya.
  3. Baca materi sebelum diterangkan oleh guru. Dengan Tips ini akan membekali anda untuk menerima materi pelajaran dengan mudah. Karena anda yahu duluan
  4. Fokus kalo guru lagi nerangin. Konsentrasi menjadi hal penting dalam memahami setiap konsep 
  5. Hafal rumus. Banyak cara-cara unik menghafal rumus seperti ngafalin tabel periodik golongan IA (H-Li-Na-K-Rb-Cs-Fr) dengan cara: Hari LIbur NAnti ajaK RoBi CS FRedi. Gampang kan? Atau MeJiKuHiBiNiU yanga artinya MErah JIngga KUning Hijau Biru Nila Ungu. Udah banyak tuh buku2nya di toko buku atau di internet.
  6. Baca materi sesudah diterangkan oleh guru. Tujuannya adalah apa yang udah kita kuasai biar tetap inget
  7. Belajar sebelum mau tidur dan saat bangun pagi. Menurut penelitian di UCLA, belajar sebelum mau tidur dan saat bangun pagi paling efektif
Demikian tipsnya Insya Allah anda berhasil dan sukses dalam menguasai pelajaran fisika

Selasa, 04 Juni 2013

Silabus SMA XII-1

Kelas XII,  Semester  1
         
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
1.  Menerapkan  konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah

1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya
1.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
  Jujur
  Toleransi
  Mandiri
  Demokratis
  Komunikatif
  Tanggung Jawab
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil

2.  Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
2.2  Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi
2.3  Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya

  Jujur
  Toleransi
  Mandiri
  Demokratis
  Komunikatif
  Tanggung Jawab
  Percaya diri
  Berorientasi tugas dan hasil



Ruang Lingkup Fisika

Ruang Lingkup Mata Pelajaran Fisika SMA

Mata pelajaran Fisika di SMA merupakan pengkhususan IPA di SMP yang menekankan pada fenomena alam dan pengukurannya dengan perluasan pada konsep abstrak pada tiap tingkat kelas, dengan aspek-aspek sebagai berikut.
  1. Kelas 10 meliputi : Pengukuran berbagai besaran, karakteristik gerak, penerapan hukum Newton, alat-alat optik, kalor, konsep dasar  listrik dinamis,  dan konsep dasar gelombang elektromagnetik
  2. Kelas 11 meliputi : Gerak dengan analisis vektor, hukum Newton tentang gerak dan gravitasi, gerak getaran, energi, usaha, dan daya, impuls dan momentum,  momentum sudut dan rotasi benda tegar, fluida, termodinamika
  3. Kelas 12 meliputi : Gejala gelombang, gelombang bunyi, gaya listrik, medan listrik, potensial dan energi potensial, medan magnet, gaya magnetik, induksi elektromagnetik dan arus bolak-balik, gelombang elektromagnetik, radiasi benda hitam, teori atom, relativitas, radioaktivitas.

SKL

 STANTAR KELULUSAN (SKL) FISIKA SMA

Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  • 1. Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya
  • Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
  •  Melakukan penjumlahan vektor
  • 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik
  • 2.1  Menganalisis besaran fisika pada gerak  dengan kecepatan dan percepatan konstan
  • 2.2  Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
  • 2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan

Kelas X,  Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  • 3.  Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
  • 3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
  • 3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam  kehidupan sehari-hari
  • 4.  Menerapkan konsep kalor dan prinsip kon servasi energi pada berbagai perubahan energi
  • 4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat
  • 4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor
  • 4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
  • 5.Menerapkan konsep kelistrikan dalam ber bagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi
  • 5.1 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)
  • 5.2 MemfoMengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
  • 5.3  Menggunakan alat ukur listrik
6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik
  • 6.1 Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik
  • 6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari

Kelas  XI,  Semester  1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  • 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturan nya dalam cakupan mekanika benda titik
  • 1.1  Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor
  • 1.2 Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
  • 1.3 Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elasti sitas bahan
  • 1.4 Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran
  • 1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, peruba han energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
  • 1.6 Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari
  • 1.7 Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan

Kelas XI,   Semester   2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  • 2 Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
  • 2.1 Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar
  • 2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.   Menerapkan  konsep termodinamika dalam mesin kalor
  • 3.1 Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal  monoatomik
  • 3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum  termodinamika

Kelas XII,  Semester  1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  • 1. Menerapkan  konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
  • 1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
  • 1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya
  • 1.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
  • 2. Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
  • 2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
  • 2.2 Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi
  • 2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya

Kelas XII,  Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  • 3.  Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern
  • 3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya
  • 3.2 Mendeskripsikan perkembangan teori atom
  • 3.3 Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan  massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi

  • 4. Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
  • 4.1  Mengidentifikasi  karakteristik inti atom dan radioaktivitas
  • 4.2 Mendeskripsikan pemanfaatan radoaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari



Tujuan IPA

 Tujuan Mata Pelajaran IPA

Mata pelajaran Fisika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
  1. Membentuk sikap positif terhadap fisika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur,  obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
  3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
  4. Mengembangkan kemampuan bernalar dalam berpikir analisis induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip fisika untuk menjelaskan berbagai peristiwa alam dan menyelesaian masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif
  5. Menguasai konsep dan prinsip fisika serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.